• FYI

    18 Juni 2024

    Harumkan Nama Jatinagara Ciamis, Agil Nur Saputra Terpilih Perkuat Tim LKG-SKF untuk Gothia Cup 2024 di Gothenburg Swedia


    Warga Tatar Galuh Ciamis patut berbangga, salah satu putra terbaiknya, Agil Nur Saputra (15), terpilih menjadi atlet muda berbakat yang akan ikut berlaga pada perhelatan bergengsi Gothia Cup 2024, di Gothenburg, Swedia, 14-20 Juli 2024 mendatang. Agil terpilih untuk memperkuat tim sepakbola LKG-SKF yang akan mewakili Indonesia pada turnamen tersebut.

    Gothia Cup sering disebut sebagai Piala Dunia Remaja, dan setiap tahunnya diikuti oleh sekitar 1.700 tim sepak bola yang datang dari 80 negara. Turnamen ini diadakan di Gothenburg, Swedia, sejak tahun 1975 oleh BA Hacken, sebuah klub profesional setempat.

    Agil, kelahiran 2009, merupakan putra kedua dari pasangan Kosim Elan Suherlan dan Yayah Rokayah, warga RT 01 RW 01 Dusun Wetan, Desa Bayasari, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis.

    Alumnus SDN 1 Bayasari dan SMP Annur Tangsel ini baru saja akan beranjak menjadi siswa SMA. Namun, langkah kakinya sebentar lagi bakal cukup jauh ke mancanegara karena kecintaan dan kegigihannya menekuni olahraga sepakbola.

    Selama ini Agil bergabung bersama Sekolah Sepak Bola Villa 2000 Football Academy (SSB Villa 2000 FA) yang berkedudukan di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Sebelumnya, saat masih belia, ia mendapat pembinaan di SSB Buldozer Ciamis.

    “Alhamdulillah, rasanya terharu dan bangga,” ucap Agil pada CIAMIS.info, saat ditanya perasaannya terpilih akan ikut berangkat ke Swedia.

    Sebelum ditetapkan lolos menjadi anggota tim yang akan berangkat ke Swedia, Agil menjalani proses pemantauan secara ketat selama 15 pekan melalui kompetisi Liga Kompas Gramedia (LKG) U14. Kompetisi tersebut digelar untuk mencari para talent berbakat yang berasal dari berbagai klub lokal. Pada kompetisi LKG U14 ini, Agil juga bertindak sebagai kapten tim Villa 2000 FA.

    Maret 2024, Villa 2000 U14 menduduki ranking 3 kompetisi LKG U14. Agil terpilih sebagai salah seorang dari 33 pemain terbaik. Para pemain terbaik tersebut lalu mengikuti pertandingan perang bintang, dan dipilih lagi menjadi hanya 24 orang.

    Sesudahnya, jumlah tersebut dikerucutkan lagi menjadi 18 pemain yang akan berangkat mengikuti Gothia Cup 2024 di Swedia. Terdapat 2 nama talent yang terpilih dari klub Villa 2000 FA tempat Agil bernaung, dan diumumkan secara resmi oleh Tim LKG-SKF, yakni dirinya, Agil Nur Saputra, dan Dimas Try Juniarto.

    Keberhasilan Agil menembus seleksi hingga terpilih menjadi bagian dari Tim KG-SKF untuk berlaga di Gothia Cup 2024 merupakan prestasi tersendiri dan diharapkan menjadi pijakan untuk meniti langkah-langkah berikutnya di masa depan.

    Saat ditanya mengenai harapannya di masa depan, Agil tak ragu untuk menjawab tegas, “Target di masa depan, ingin membela Timnas Iindonesia.” Ia juga menyebut, berharap untuk dapat bergabung dengan Persija Jakarta pada saatnya kelak.

    “Yuk, kita berjuang bersama dan berani mengambil keputusan. Harus berani berproses. Jadikan hinaan sebagai motivasi, dan jangan tumbang karena omongan seseorang. Harus berani juga keluar dari zona nyaman. Tidak ada kata menyerah, terus berjuang hingga akhir. Jangan sia-siakan kesempatan, dan berlatih dengan sungguh-sungguh!" pesannya untuk kaum muda Tatar Galuh Ciamis.

    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi