• FYI

    24 Juni 2024

    Jatuh Terperosok ke Jurang Sedalam 15 Meter, Seekor Sapi Diselamatkan Tim BPBD Kabupaten Ciamis


    Keandalan para personel BPBD Kabupaten Ciamis dalam melakukan penanganan darurat kebencanaan, berupa pencarian dan penyelamatan, tak diragukan lagi. Dalam berbagai kesempatan, tim BPBD terbukti mampu menyelamatkan tak hanya jiwa manusia, tetapi juga makhluk hidup lainnya.

    Seperti halnya yang terjadi di komplek Pondok Pesantren Al-Fattah, Dusun Cimengger, Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, pada hari Kamis (20/6/2023) sekira pukul 13.30 WIB

    Nasib nahas dialami oleh seekor sapi malang yang terperosok ke dalam jurang sedalam lebih kurang 15 meter. Peristiwa ini terjadi sesaat setelah sang sapi keluar dari kandangnya, lalu terlepas dan malah terjatuh ke dalam jurang tersebut.

    Kondisi lokasi jatuhnya sapi yang cukup sulit dijangkau, dan bobot sapi yang harus diselamatkan, membuat penanganannya tidak dapat dilakukan secara manual. Penyelamatan sapi membutuhkan alat yang memadai dan orang yang ahli untuk melakukannya.

    Segera setelah mendapatkan informasi terjadinya musibah tersebut dari pemilik sapi, Satgas RAPI Ciamis di Kecamatan Cijeungjing meneruskan laporan kepada pihak BPBD Kabupaten Ciamis.

    BPBD Ciamis mengirimkan tim yang terdiri atas 6 orang untuk melakukan operasi animal rescue tersebut. Erik Risnandar, Qhodirun Rasyied, M. Saeful M., Dodo Z, Asep Sunandar, dan Didin Muslihudin U., sesaat kemudian tiba di lokasi kejadian dan segera bersiap untuk melakukan evakuasi sapi.


    Proses evakuasi berjalan selama beberapa jam dengan menggunakan peralatan pendukung dan dilakukan dengan hati-hati agar tidak melukai hewan tersebut. Agar tidak berontak dan untuk memudahkan penanganan, sapi terpaksa diikat terlebih dulu sebelum proses pengangkatan dilakukan. Proses evakuasi ini dibantu oleh personel TNI-Polri, aparat pemerintahan, dan warga setempat.

    Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ciamis Ani Supiani, S.T., M.Si., mengkonfirmasi pada sekira pukul 17.19 WIB, bahwa proses evakuasi telah berjalan dengan baik dan sapi yang terperosok ke dalam jurang akhirnya dapat diangkat kembali ke atas. Hewan ternak yang kondisinya sempat membuat khawatir tersebut diduga sempat mengalami pingsan, tetapi kemudian kondisinya membaik dan segera dibersihkan atau dimandikan oleh pengelola kandang. Dilaporkan tidak didapati adanya luka atau kondisi yang membahayakan pada tubuh sapi, saat sudah dilakukan pemeriksaan.

    Penyelamatan ternak oleh tim BPBD Ciamis bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya, pada tanggal 4 Mei 2024, seekor sapi yang terjatuh ke dalam sumur dengan kedalaman sekitar 6 meter berhasil diselamatkan oleh tim BPBD Ciamis. Kejadian tersebut berlokasi di Blok Cirangru RT 06 RW 16, Dusun Munjul, Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis.

    Source: BPBD Ciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi