• FYI

    04 Agustus 2024

    Ikuti Seleksi untuk Ekshibisi PON XXI Aceh-Sumut, Atlet Trail Run Ciamis Sukses Raih Podium


    Geliat para atlet lari trail atau lari lintas alam (trail run) asal Ciamis patut mendapat apresiasi dan dukungan semua pihak. Terbaru, sebanyak 3 orang atlet anggota ALTI (Asosiasi Lari Trail Indonesia) Kabupaten Ciamis mengikuti seleksi untuk mengikuti Ekshibisi PON XXI, pada Sabtu (27/7/2024), bertempat di Batu Kuda, area Gunung Manglayang, Bandung.

    Kegiatan seleksi ini dilaksanakan di bawah koordinasi Syuhada dari ALTI Jawa Barat, bertujuan untuk mendapatkan para kandidat atlet terpilih yang siap dan layak diberangkatkan mengikuti PON XXI. Perhelatan olahraga terbesar di tanah air ini akan berlangsung di Aceh-Sumut, 9-20 September 2024 mendatang.

    Salah seorang atlet ALTI Kabupaten Ciamis berhasil meraih podium pada kesempatan seleksi ini. Sufyan Bayu Gumelar, atlet lari trail andalan Tatar Galuh yang juga merupakan pendiri komunitas @run.cah, berhasil meraih posisi ke-3 dengan catatan waktu 2 jam 10 menit 21 detik.

    Selanjutnya, Alfi Muhamad Nadif Abinaya, atlet muda yang masih berstatus sebagai siswa SMKN 1 Rajadesa, berhasil finish pada posisi ke-5 dengan catatan waktu 2 jam 18 menit 18 detik. Raihan ini membawa harapan untuk perbaikan dan peningkatan pada kesempatan di masa datang.

    Sementara itu, Regi Nata, atlet yang tercatat sebagai pegawai di SMAN 1 Ranca belum beruntung mencapai garis finish dan mengalami DNF (Do Not Finish) pada Loop 1 karena kondisi fisik yang kurang sehat.


    Sebagai catatan, kategori nomor yang dilombakan pada seleksi untuk Ekshibisi PON XXI yang diadakan oleh ALTI Jabar ini adalah berjarak 21 kilometer dengan elevasi gunung 1000 meter, dan COT (Cut Off Time) atau catatan waktu maksimal yang ditetapkan yakni 2 jam 30 menit untuk putra, serta 2 jam 70 menit untuk putri.

    Berdasarkan hasil peringkat dari seleksi ini, selanjutnya akan diambil 5 terbaik putra dan 5 terbaik putri dari keseluruhan 40 atlet yang berasal dari seluruh wilayah kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Barat. Sufyan Bayu Gumelar kepada CIAMIS.info menyatakan rasa syukur dan gembira atas pencapaian pada seleksi ini. Ia berharap cabor lari trail akan semakin berkembang ke depannya di Kabupaten Ciamis.

    “Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung keikutsertaan ini, juga untuk Bapak Prof. Dr. Dadi, sebagai penasihat yang mendukung baik secara moril dan doa,” tuturnya.

    Keberangkatan para atlet lari trail yang dipimpin langsung oleh Ketua ALTI Kabupaten Ciamis Nurhandayati merupakan catatan tersendiri bagi organisasi yang tergolong masih muda ini. Meski perjalanan masih panjang, raihan prestasi yang telah mengangkat nama Kabupaten Ciamis ini menjadi obor penyemangat bagi para pengurus dan atlet lari trail untuk terus berjuang meraih prestasi di masa depan.

    Source: @alti.kabciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi