• FYI

    13 Oktober 2024

    Imbas Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Mobil dan Pengendara Motor di Kertasari Ciamis


    Hujan deras yang turun di kawasan Kelurahan Kertasari dan sekitarnya menyebabkan sebuah pohon berukuran cukup besar tumbang. Kejadian ini berlangsung di Jl. Ahmad Yani, tepatnya di wilayah RT 03 RW 03 Kelurahan Kertasari, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, atau dekat Alfa (sekitar Kodim Ciamis), pada hari Minggu (13/10/2024), sekira pukul 2.30 WIB dinihari.

    Peristiwa ini menyebabkan seorang pengendara sepeda motor yang kebetulan sedang melintas di lokasi tersebut mengalami luka dan segera dievakuasi ke rumah sakit. Kabar terakhir yang diterima CIAMIS.info pada pukul 21.58 WIB, korban luka-luka tersebut akhirnya meninggal dunia sesudah sempat menerima perawatan medis.

    Korban yang bernama Dzikri Aulia Sya'bani, warga Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, dikabarkan meninggal dunia pada sekitar pukul 20.30 WIB saat sedang menjalani perawatan di RSUD Ciamis.

    Sementara itu, satu unit mobil yang terparkir di bahu jalan nasional pada jalur Ciamis-Banjar, tempat terjadinya peristiwa ini, ikut tertimpa oleh pohon tumbang dan mengalami kerusakan cukup parah.


    Penanganan pohon tumbang sekaligus normalisasi arus lalu lintas jalan dilaksanakan oleh tim BPBD Ciamis berkekuatan 6 personel, bekerja sama dengan unsur TNI-Polri, PLN, dan warga setempat.

    Kejadian ini kembali menjadi peringatan terhadap potensi terjadinya bencana pada saat turun hujan deras atau berintensitas tinggi. Terlebih, jika melintasi daerah rawan bencana atau berbahaya, seperti wilayah rawan longsor dan banjir, serta lokasi yang berdekatan dengan pohon besar yang dikhawatirkan dapat tumbang.

    Langkah terbaik sebagai pencegahan adalah menghentikan terlebih dulu perjalanan jika melewati lokasi rawan, dan menunggu terlebih dahulu hingga kondisi dirasa sudah cukup aman.

    Source: @bpbd_ciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi